RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Mts Sunan Kalijaga
Mata
Pelajaran : Fiqih
Kelas/
Semester : VII/ I
Alokasi
Waktu : 1 x 20 menit
Pertemuan ke : IV
I.
Standar
Kompetensi
Memahami tentang shalat fardhu.
II.
Kompetensi Dasar
Memahami pengertian, macam-macam
dan tata cara sholat fardhu.
III. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Menjelaskan pengertian
sholat fardhu.
2.
Menyebutkan & menjelaskan macam-macam sholat fardhu.
3. Menyebutkan urutan/
tata cara sholat fardhu.
IV. Tujuan Pembelajaran
Dengan metode diskusi
peserta didik diharapkan :
1.
Mampu menjelaskan
pengertian shalat fardhu.
2.
Mampu menjelaskan
macam-macam shalat fardhu beserta waktu pelaksanaannya.
3.
Mampu menyebutkan tata
cara shalat fardhu secara urut.
VI.
Materi Ajar / Materi Pembelajaran
Pengertian, macam-macam dan
tata cara shalat fardhu
Cakupan Materi
(lampiran 1) mencakup
pengertian sholat fardhu, macam-macam sholat fardhu dan tata cara / urutan
sholat fardhu.
VII.
Metode Pembelajaran:
Ceramah, diskusi, tanya-jawab.
VIII.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Pendahuluan:
- Guru masuk, memberi
salam & menanyakan keadaan siswa
- Guru meminta salah satu
siswa memimpin do’a bersama
- Guru melakukan
apersepsi, pretest kemudian menjelaskan tujuan pembelajaran.
|
3 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
- Guru menjelaskan materi
pengertian dan macam-macam sholat
- Guru memberi pertanyaan
tentang waktu sholat
Elaborasi:
- Guru membagi siswa
menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan materi waktu sholat
- Perwakilan kelompok
diminta mempresentasikan hasil diskusi secara bergantian dan saling
menanggapi
- Guru memberikan
tanggapan terhadap diskusi siswa.
- Guru memberikan materi
tentang tata cara sholat untuk didiskusikan dan dihafalkan semua siswa
- Guru melakukan
permainan dengan memberi pertanyaan rebutan tentang materi tata cara sholat
- Kelompok yang menjawab
paling banyak mendapatkan hadiah dari guru
Konfirmasi:
- Siswa diminta menulis
materi pada buku masing-masing dan diperiksa oleh guru
- Guru dan siswa bertanya-jawab
menyimpulkan materi pada hari ini
|
15 menit
|
3
|
Penutup
- Guru memberikan tugas
pada siswa terkait materi hari ini
- Guru menutup
pembelajaran dengan salam
|
2 menit
|
IX.
Penilaian
1. Teknik Penilaian : Tes dan non tes
a. Tes Lisan
b. Non Tes : Pengamatan dan Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes
Lisan :
1)
Apa
pengertian shalat fardhu secara istilah
? (shalat fardhu berarti
beberapa ucapan dan perbuatan tertentu yang diawali dengan takbir dan diakhiri
dengan salam yang dilakukan secara wajib pada waktu yang telah ditentukan)
2) Sebutkan macam-macam sholat
fardhu dan masing-masing waktunya ! (Shubuh, waktunya setelah terbit
fajar sampai sebelum terbit matahari; Dhuhur, waktunya setelah matahari sedikir
tergelincir dari tengah atau sedikit condong kebarat; Ashar, waktunya setelah
matahari benar-benar condong hingga sebelum terbenam; Maghrib, waktunya ketika
matahari terbenam; Isya’, waktunya saat bayang-bayang cahaya matahari
benar-benar hilang)
b.
Pengamatan
No.
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Total Skor
|
|
Penguasaan Materi
|
Partisipasi dalam Kelompok
|
|||
1.
|
Siti
Munawaroh
|
|
|
|
2.
|
Siti
Muniroh
|
|
|
|
3.
|
Siti
Maghfiroh
|
|
|
|
4.
|
Siti
Maisaroh
|
|
|
|
5.
|
Siti
Masruroh
|
|
|
|
c. Penugasan :
Siswa diminta untuk menuliskan tata cara atau urutan
shalat lengkap dengan bacaannya dengan bantuan orang-orang dilingkungan
rumahnya, seperti orang tua, kakak, atau temannya.
X.
Sumber
Belajar / Alat
a. Sumber Belajar
Buku teks, internet.
b. Alat
Buku catatan, pulpen, papan tulis, spidol.
Yogyakarta, 16 Oktober 2013
Mengetahui,
|
|
Kepala Sekolah,
|
Guru Mapel,
|
Drs. Radino, M. Ag
|
Arini Kusuma Wardani
|
NIP.
|
NIM. 11410006
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar